Wednesday 19 May 2010

Bacalah...

Gambar: Ihsan Mohd. Karim

Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

Telah datang keputusan Allah maka jangan engkau meminta disegerakan. Maha Suci dan Maha Tinggi Allah dari yang mereka persekutukan.

Tuhan menurunkan malaikat, membawa wahyu dengan perintahNya kepada sesiapa yang dikehendakiNya dari hamba-hambaNya. Peringatkanlah bahawasanya tidak ada Tuhan selain Aku. Maka bertakwalah kepadaKu.

Dia yang menciptakan ruang angkasa dan bumi dengan hak (sempurna dan penuh hikmah) maha Tinggi Allah dari yang mereka persekutukan.

Dialah yang menciptakan manusia dari air mani. Maka ia (setelah dewasa ada) yang menjadi penentang Allah terang-terangan.

Dan Dialah yang telah menciptakan binatang-binatang ternak untukmu. Padanya ada bulu yang memanaskanmu dan berbagai manfaat lain di antaranya menjadi makananmu.

Dan binatang-binatang itu memberikan pandangan yang indah (kepuasan) bagimu, ketika kamu memasukkannya ke kandang dan waktu kamu lepaskan ke padang rumput.

Dan (binatang-binatang itu) membawa barang-barangmu ke tempat tujuan yang kamu (sendiri) tidak akan sampai ke sana kecuali dengan susah-payah. Sesungguhnya Tuhanmu Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Dan (Dia menciptakan) kuda, bighal dan keldai menjadi kenderaan dan perhiasanmu. Dan Tuhan menciptakan apa (bermacam alat perhubungan) yang tidak kamu ketahui.

Dan Allah, hanya (menunjukkan) jalan yang lurus (benar). Ada pula jalan yang menyimpang (dari yang benar). Jika Tuhan menghendaki tentu ditunjukiNya kamu semua.

Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit (awan mendung) untukmu. Sebahagian minuman dan sebahagian lain untuk menyuburkan tumbuh-tumbuhan di mana kamu mengembalakan ternakmu.

Dia menumbuhkan dengan air hujan itu tumbuh-tumbuhan untukmu; jagung, zaitun, kurma, anggur dan beraneka ragam buah-buahan. Sesunggunya yang demikian tanda (kekuasaan Allah) bagi yang memikirkan.

Dan Dia menyerahkan bagimu malam dan siang, matahari, bulan dan bintang-bintang. Semua itu diatur sesuai dengan perintahNya. SesungguhNya yang demikian itu adalah tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang mengambil pelajaran.




Dan Dialah yang menyerahkan lautan agar kamu dapat memakan daging yang segar (ikan) dan mengeluarkan (mengambil) dari dalam lautan itu perhiasan yang kamu pakai. Dan kamu lihat bahtera mengharungi lautan itu. Dan supaya kamu mencari karuniaNya. Dan (akhirnya) supaya kamu bersyukur.

Dan Dia memancangkan gunung-gunung di muka bumi agar bumi itu tidak goncang (membahayakanmu). Dan Dia menjadikan sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk (mencari rezekimu).

Dan (diciptakanNya di bumi itu) tanda-tanda (gunung, bukit, lurah dan lain-lain petunjuk jalan). Dan dengan bintang-bintang mereka mendapat pedoman (dalam perjalanan).


- Surah An-Nahl : 1 - 16

No comments: